Perbandingan Biaya Mengganti Kampas Kopling Di Bengkel Dengan Mengganti Kampas Kopling Sendiri
Ilustrasi |
Assalamu’alaikum.
Tulisan ini dibentuk untuk membandingkan biaya pergantian kampas kopling sepeda motor melalui jasa bangkel serta menggati kampas kopling sendiri di rumah. Tujuan dari goresan pena ini yaitu untuk mengetahui bagaimana biaya yang dikeluarkan untuk kedua cara tersebut, apakah biayanya sama, lebih besar di bengkel, atau lebih besar ketika memasang sendiri, serta seberapa besar selisih biaya keduanya apabila terdapat perbedaan.
Mungkin goresan pena ini akan bermanfaat bagi kalian atau kita yang tengah ingin mengganti kampas kopling namun tidak begitu tahu niscaya berapa besar biaya yang harus dikeluarkan. Nah, kebetulan disini kami akan mencoba menunjukkan artikel singkatnya.
Ada beberapa metode untuk mengganti kampas kopling, yakni membawa ke bengkel resmi, bengkel tidak resmi, serta memasang sendiri. Adapun sebagai rincian pergantian dan biaya yang harus dikeluarkan yaitu sebagai berikut.
1. Mengganti pada bengkel resmi
Pada bengkel resmi, biasanya kita terima jadi dan relatif pilihan akan part sangat terbatas. Hal itu alasannya biasanya mekanik akan menunjukkan pilihan hanya part orisinil dari pabrikan (sekalian jualan). Dengan demikian maka bila mengganti pada bengkel resmi, biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal kendati tidak mutlak. Sebagai citra saja berikut perhitungan yang telah kami buat secara umum mengenai pergantian kampas kopling pada bengkel resmi:
Keterangan | Biaya (Rp) |
Kampas kopling ori | 150.000-300.000 |
Oli | 45.000-65.000 |
Jasa | 35.000-50.000 |
Pada tabel di atas telah kami paparkan mengenai prediksi biaya pergantian kampas kopling pada bengkel resmi. Harga tersebut meliputi harga minimum hingga minimum (harga kiampas kopling dipengaruhi oleh merk, kualitas, serta jumlah kampas kopling tersebut). Adapun harga pergantian tersebut berkisar antara Rp. 230.000 hingga Rp. 415.000. (untuk sepeda motor dengan kopling jenis otomatis, kemungkinan harga akan semakin rendah). Keuntungan dari memasang pada bengkel resmi yaitu kita sanggup mengajukan klaim apabila pemasangan tidak sesuai (ditandai dengan performa motor yang tidak sesuai). Tentunya kebanyakan klaim ini bersifat gratis, hanya saja tergantung dengan perjanjian awal pada ketika pertama melaksanakan pergantian kampas kopling (biasaya terikat dengan jangka waktu).
2. Mengganti pada bengkel tidak resmi
Hampir serupa dengan pemasangan pada bengkel resmi, namun yang membedakan yaitu pilihan part yang bermacam-macam serta biasanya tidak ada klaim. Adapun biaya yang telah kami prediksikan yaitu sebagai berikut:
Keterangan | Biaya (Rp) |
Kampas kopling ori | 80.000-300.000 |
Oli | 45.000-65.000 |
Jasa | 35.000-50.000 |
Biaya minimum terlihat lebih rendah alasannya kita sanggup menentukan part aftermarket hingga part KW. Adapun biaya tersebut berada di sekitar Rp. 160.000 hingga Rp. 415.000.
3. Mengganti sendiri
Yang terakhir yaitu mengganti sendiri, adapun biaya yang kami prediksikan yaitu sebagai berikut:
Keterangan | Biaya (Rp) |
Kampas kopling ori | 50.000-300.000 |
Oli | 45.000-65.000 |
Kunci T 10, T 8, Ring untuk engkol* | 50.000-100.000 |
Keterangan: *) ukuran kunci dan jenis kunci diubahsuaikan dengan jenis sepeda motor, ada yang tidak pakai engkol dan yang kunci pengikat engkolnya berukuran 10 mm, maka kemungkinan kunci yang harus dimiiliki hanya dua buah.
Bila dilihat pada tabel di atas, kisaran harga berkisar diantara Rp. 145.000 hingga Rp, 465.000. Harga tersebut relatif lebih rendah pada segmen minimum namun lebih tinggi pada segmen maksimum. Perlu diingat bahwa dalam pemasangan sendiri maka 100% tidak ada klaim dan segala resiko diambil sendiri. Namun bila melaksanakan hitung-hitungan, memasang sendiri sanggup lebih murah dan mahal tergantung pada part awal yang kita beli (kunci merupakan part awal yang nanti akan terpakai terus-menerus). Kentungan dari memasang sendiri yaitu kita jadi sanggup mengganti kampas kopling dengan pilihan yang lebih banyak (cek di aplikasi semisal Bukalepek, maka varian kampas kopling akan menjadi berbagai dengan harga yang bervariasi juga). Kita juga sanggup menentukan untuk hanya mengganti satu atau dua kampas koplingnya saja (kebanyakan kasus, kampas kopling hanya aus pada beberapa kampas saja). Hal tersebut tentunya berbeda bila kita menggantinya pada bengkel resmi yang merekomendasikan untuk mengganti satu set kampas (pada bengkel tidak resmi ada beberapa yang memperbolehkan mengganti kampas kopling secara keteng, dengan catatan bahwa kampas kopling yang tersedia sanggup diketeng atau dibeli satuan). Kita juga sanggup untuk tidak eksklusif menggantinya (pada beberapa kasus, kopling slip terjadi alasannya kampas kopling kotor dan banyak disisipi oleh logam hasil dari ukiran kampas kopling). Bila kampas masih tebal dan belum aus, maka kita sanggup hanya membersihkannya saja.
Adapun selisih dari beberapa metode di atas yaitu sebagai berikut:
Keterangan | Minimum (Rp) | Maksimum (Rp) |
Bengkel resmi | 230.000 | 415.000 |
Bengkel tidak resmi | 160.000 | 415.000 |
Bongkar pasang sendiri | 145.000 | 465.000 |
Dan biaya minimum selama tiga kali pergantian kampas kopling berturut-turut yaitu sebagai berikut:
Keterangan | Pergantian 1 (Rp) | Pergantian 2 (Rp) | Pergantian 3 (Rp) |
Bengkel resmi | 230.000 | 230.000 | 230.000 |
Bengkel tidak resmi | 160.000 | 160.000 | 160.000 |
Bongkar pasang sendiri | 145.000 | 95.000 | 95.000 |
Nah artikel ini kami cukupkan hingga disini, biar bermanfaat dan hingga jumpa.
Wassalamu’alaikum.
Sumber https://icalan01.blogspot.com/
DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://malay31.blogspot.com/. Terima kasih.
Newer Posts
Newer Posts
Older Posts
Older Posts
Comments